12 Perguran Tinggi Hadiri Pembukaan Pomda XIV 2015

Pomda XIV 2015 diikuti 12 kontingen perguruan tinggi se-Jatim dan memperlombakan 14 cabang olahraga

Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) ke-XIV Jawa Timur secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Dr. Ir Mohammad Bisri, MS bersama Prof. Dr. Ahmad Syahrani selaku ketua umum Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Jatim di GOR Pertamina UB, Sabtu (1/8/2015). Kegiatan yang bertemakan “Dengan POMDA Jawa Timur XIV 2015 kita tingkatkan persaudaraan Mahasiswa Jawa Timur Menuju POMNAS melalui sportifitas dan semangat juang yang tinggi” ini diikuti 12 kontingen Universitas se-Jatim baik dari Universitas Negeri maupun Swasta.

Kedua belas Perguruan Tinggi tersebut terdiri dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Pelita Harapan Surabaya, STKIP PGRI Jombang, Universitas Yos Sudarso, IKIP Budi Utomo Malang, Universitas Abdurachman Shaleh Situbondo, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Universitas Negeri Jember, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Dalam sambutannya, Ketua Bapomi Jatim Prof. Ahmad Syahrani memaparkan jika kegiatan ini merupakan ajang seleksi bakat dan kemampuan mahasiswa untuk mempersiapkan ke level yang lebih tinggi, yaitu Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2015. POMNAS 2015 akan diselenggarakan di Aceh pada 14-21 November mendatang. “Kontingen Jawa Timur akan mengikuti seluruh cabang olahraga yang dilombakan pada POMNAS 2015 nanti. Bapomi Jatim akan mengirimkan 141 atlet putra, 123 atlet putri dan tambahan bagi para ofisial serta pembina. Sehingga total kontingen yang akan diberangkatkan sejumlah 325 orang,” ujarnya.

Bagi Dosen Universitas Airlangga Surabaya tersebut, POMDA merupakan modal awal kontingen Jatim untuk melengkapi raihan kemenangan yang telah dicapai beberapa waktu lalu, seperti Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) di Palangkaraya dan MTQ tingkat Nasional yang membawa nama Jawa Timur sebagai peringkat terbaik. “Kita berharap, saat kontingen Jatim terjun di POMNAS 2015 mereka mampu menjuarai seluruh cabang olahraga yang diselenggarakan, setidak-tidaknya kita membawa satu medali dalam setiap cabang olahraga. Maka dari itu kita terus mencari atlet-atlet mahasiswa yang memiliki potensi dalam kejuaraan nanti,” tambahnya.

Sebanyak 14 cabang olahraga juga dipertandingkan dalam gelaran tersebut, diantaranya bulu tangkis, bola basket, bola voli, sepak takraw, panahan, tenis meja, tenis lapangan, catur, renang, atletik, karate, tarung derajat, pencak silat dan futsal. UB sendiri ditunjuk sebagai tuan rumah dalam cabang olahraga karate. [indra/Humas UB]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *