Latihan Pemantapan (LANTAP) 2013

IMG_7308

Anggota Latihan Pemantapan(LANTAP) 2013 sedang menjalani latihan sesi 1, Sabtu (25/5). Kegiatan Lantap diadakan di Arboretum Sumber Brantas Batu (Dok/Unknown)

           Inkai Universitas Brawijaya baru saja mengadakan acara rutin tahunan yaitu Latihan Pemantapan(LANTAP) 2013. Acara ini diadakan pada tanggal 25-26 Mei 2013 di Arboretum Sumber Brantas Batu. Seluruh Anggota baru ataupun anggota lama yang belum sempat mengikuti Lantap tahun lalu wajib mengikuti Lantap tahun ini. Setidaknya ada 20 peserta yang mengikuti Lantap tahun ini. Selain diikuti peserta lantap, para senior dan beberapa alumni juga turut memeriahkan acara ini.

           Sesuai dengan namanya, tujuan diadakannya latihan ini adalah untuk memantapkan latihan yang sebelumnya telah dilakukan. Pemantapan ini dilakukan di alam bebas agar peserta dapat lebih bersatu dengan alam. Selain itu, banyak hal yang akan didapat dengan mengikuti latihan ini. Diantaranya akan menjalin dan mempererat silaturahmi antar anggota inkai dengan para senior dan alumni. Dan juga banyak hal baru yang didapatkan yang sebelumnya belum diberikan di latihan reguler.

            Acara ini dimulai pada hari sabtu tanggal 25 Mei 2013. Awalnya peserta berkumpul di unit, pada pukul 09.00 peserta berangkat ke arboretum sumber brantas. Sesampainya disana, peserta mulai mendirikan tenda dan langsung melakukan latihan Sesi Pertama. Latihan sesi pertama ini dipegang kendali oleh Senpai Lita.  Latihan ini dititik beratkan kepada bagaimana peserta bersatu dengan alam. Latihan sesi 1 ini ditutup dengan beberapa games hingga pukul 16.00.

          Selanjutnya peserta beristirahat dan persiapan untuk melakukan sharing-sharing didepan api unggun. Kira-kira pukul 19.00 dan api unggun telah membara, acara sharing pun dimulai. Acara ini diikuti oleh semua peserta, senior dan para alumni. Banyak hal yang dibicarakan dalam sesi ini, mulai dari kegiatan latihan reguler hingga mengenai masalah internal di dalam INKAI UB. Selanjutnya pukul 21.00 acarapun ditutup dan peserta bersiap untuk tidur.

         Keesokan harinya, peserta bangun pukul 05.00. Setelah sholat dan persiapan, peserta melakukan games dengan tim dari ENKOMPAS. Acara games ini merupakan pemanasan sebelum melakukan latihan sesi kedua. Gamespun berakhir pukul 08.00 dan dilanjutkan dengan latihan sesi kedua. Latihan sesi kedua ini lebih banyak latihan fisik, mulai dari latihan kihon hingga kumite pun diberikan. sehingga tidak heran jika para peserta merasa tenaganya terkuras pada latihan ini. Latihan ini dipegang kendali oleh senpai Angger dan Senpai Riski. Latihan sesi 2 ini ditutup pada pukul 11.00.

              Kemudian setelah lelah dengan latihan fisik, acarapun dilanjutkan dengan refresing sejenak, yaitu jalan-jalan bersama ke sumber brantas. Acara ini merupakan acara santai untuk lebih meningkatkan rasa kekeluargaan di antara anggota INKAI. Sesampainya disumber brantas, secara bergantian peserta merasakan dinginnya sumber yang merupakan mata air dari sungai brantas.  Ada yang sekedar cuci tangan dan cuci muka, dan ada pula yang mandi. Acara ditutup dengan penjeburan ketua pelaksana (Kapel) dari acara lantap ini yaitu Fadli Alsana ke dalam sumber. Dan akhirnya semua peserta gembira ria. ^_^

           Selanjutnya tepat pukul 12.00 peserta kembali ke tenda dan berkemas pulang. Mengingat cuaca yang tidak mendukung, dengan adanya sedikit mendung dan hujan rintik-rintik. Maka pulang pun dipercepat. Persiapanpun selesai, dan pukul 14.00 seluruh peserta kembali ke unit dengan selamat.

Oleh: Zanwar Yoga Pamungkas

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *